Selasa, 30 November 2010

Contoh Program Sederhana JList


Mari kita mengenal lebih jauh tentang Java
 Kelanjutan dari komponen-komponen Swing namun ini merupakan contoh program dari JList
 
Contoh Program Sederhana JList
import java.awt.*;
import javax.swing.event.*;
import javax.swing.*;

public class ListTest extends JFrame {
                    private JList lstColor;
                    private final String arrColorName[] =
                                         { "Black","Blue","Cyan","Dark Gray","Gray","Green","Light Gray",
                                           "Magenta","Orange","Pink","Red","Yellow","White"
                                         };
                    private final Color arrColor[] =
                                         { Color.BLACK,Color.BLUE,Color.CYAN,Color.DARK_GRAY,Color.GRAY,
                                           Color.GREEN,Color.LIGHT_GRAY,Color.MAGENTA,Color.ORANGE,Color.PINK,
                                           Color.RED,Color.YELLOW,Color.WHITE
                                         };

                    private Container container;

                    public ListTest() {

                                         super ("Mencoba JList");
                                         container = getContentPane();
                                         container.setLayout(new FlowLayout());

                                         lstColor = new JList (arrColorName);
                                         lstColor.setVisibleRowCount(5);

                                         //hanya boleh pilih satu
                                         lstColor.setSelectionMode(ListSelectionModel.SINGLE_SELECTION);
                                         container.add(new JScrollPane (lstColor));
                                         //container.add(lstColor);
                                         lstColor.addListSelectionListener(
                                                             new ListSelectionListener() { //adanya di package javax.swing.event
                                                                                 public void valueChanged (ListSelectionEvent e) {
                                                                                                      container.setBackground(arrColor[lstColor.getSelectedIndex()]);
                                                                                 }

                                                             } //end of class

                                         );

                                         setSize (400,300);
                                         setLocationRelativeTo(null);
                                         setVisible(true);
                    }

                    public static void main (String args[]) {

                       ListTest test = new ListTest();
                       test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }

}
Jangan sampai salah memasukan nama warna yah... karena java menggunakan bahasa inggris jadi kalau kamu menginputnya Hijau maka java tidak mengenalnya, masukan inputannya Green. "ingat java itu case sensitif"

Contoh Program JComboBox


Mari kita mengenal lebih jauh tentang Java
 Kelanjutan dari komponen-komponen Swing namun ini merupakan contoh program dari JComboBox

JComboBox
Contoh Program Sederhana JComboBox :
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

Komponen-komponen Swing di java berserta contoh

Mari kita mengenal lebih jauh tentang Java

Komponen-komponen Swing :
         JLabel
         JComboBox
         JList
         JPanel
Jlabel

Byte Streaming dan Karakter Streaming

Mari kita mengenal lebih jauh tentang Java

Byte Streaming

byte menggunakan Program stream untuk melakukan input dan output-bit byte 8. Semua kelas stream byte adalah keturunan dari InputStream dan OutputStream.
Ada banyak kelas stream byte. Untuk mendemonstrasikan bagaimana byte stream bekerja, kita akan fokus pada file I / O byte stream, FileInputStream danFileOutputStream . jenis lain dari byte stream yang digunakan dalam banyak cara yang sama, mereka berbeda terutama dalam cara mereka dibangun.

Siklus Penggajian dan Manajemen Sumber Daya Manusia

Dibawah ini merupakan materi dari Sistem Informasi Akuntansi, dimana kelompok kami disuruh untuk menjelaskan bagaimana "Siklus Penggajian dan Manajemen Sumber Daya Manusia".


Contoh Surat Undangan Perkawinan

Do'a 
Cinta Sang Pengantin
Ya Allah Ya Rahiim, Anda Kau berkenan,
limpahkanlah rasa cinta kepada kami yang kau Jadikan
pengikat rindu Rasullulah dan khadijah Al Qubro.
Yang kau jadikan mata aur kasih sayang Ali bin Abi Thalib dan
Fatimah Az-Zahra, yang kau jadikan penghias keluarga Nabi-Mu
yang suci.


Ya allah Ya Rahiim, andai itu tak layak bagi kami, maka cukupkanlah
permohonan kami dengan ridho-Mu. Jadikanlah kami Suami istri yang
saling mencintai di kala dekat, saling menjaga kehormatan dikala jauh,
saling menghibur dikala duka, saling mengingatkan di kala bahagia,
saling mendo'akan dalam kebaikan dan ketaqwaan, serta saling
menyempurnakan dalam peribadatan.

Ya Allah Ya Rahiim, sempurnakanlah kebahagiaan kami dengan
menjadikan ini sebagai ibadah kepada-MU dan bukti pengikat 
dan cinta kami kepada sunnah keluarga Rasul-Mu
Amin Ya Robbal 'Alamin

Kamis, 25 November 2010

Twice Ragnarok Private Server

Koneksi IIX
24/7 Kecuali Maintenance
• Base Exp :3000x/custom
• Job Exp : 3000x/custom
• Drop Rate : Custom
• Card drop rate : 10 %
Gold Gokurin : 45 % & 100 %
• ELUNIUM & ORIDECON = Up to 80,51 %
• YGG BERRY = 60,62 % disable in woe and PVP inzlude
• Khukrin 100% !!!
• Boss card drop rate: 0.50 %
• Max stats: 130
• Max Base Level: 150
• Max Job Level: 90 (job 3RD warlock,dll)


Player Commands: @commands

Feature


WoE
PVP
Friendly GMs
Ibukota : Dewata
 
NPC Twice
• Twice Shop
• Buffer + Healer
• Grand Warper + lastwarp
• Job changer
• Zeny Mall
• Reborn Mall
• Stylist
• Platinum Skill
• Skull Trader & Poring coin Trader & TCG Trader
• Cash Point From MPV
• NPC Secret TOWN...
 
Cara Bermain :

1.Install KRO / idRO ( Sangat tidak disarankan memakai idRO)

• (KRO bisa di Download klik disini)

2.Download installer TwiceRO pilih salah satu yah ..


Lebih lengkapnya klik disini

3.Extract data TwiceRO

setelah diextrak akan muncul folder bernama Ragray , copy/cut semua isi dalam folder tersebut. Paste/tempel ke dalam Folder KROmu

4.Klik Twice Patcher

5.Registrasi Dari web, bisa di klik melalui patcher .NB: untuk sekarang bisa menggunakan _M / _F

6.Selamat Bermain
 
 
--------------------------------------------------------------------------
 
WEBSITE : twiceRO

REGISTER : Disini

Tutor juga bisa diliat : disini

Facebook Like Page: disini 
 
 
 

Minggu, 21 November 2010

Contoh Kata Pengantar


Mungkin bukan kata pengantar yang bagus, tapi cukup bermanfaat untuk dijadikan contoh.... hohoho :D
KATA PENGANTAR


       Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini kami membahas “File Stream dan GUI”, dimana isi dari makalah kami  ini akan dijelaskan di pertemuan 12 dan 13.
       Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam  memahami bagaimana membuat program java untuk teleconference sederhana  dan memahami bagaimana membuat program java dengan tampilan GUI dan animasi  bagi mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah “Pemprograman Berorientasi Objek”
Dalam  proses pendalaman materi Pemprograman Berorientasi Objek,  tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  kami sampaikan :

Humanis

Kamu -kamu pasti tau apa itu manusia... ya orang kamu sendiri manusia :P wkwkkw
ya... bahasa inggerisnya Human tapi kalo humanisme???


Humanisme adalah istilah umum untuk berbagai jalan pikiran yang berbeda yang memfokuskan dirinya ke jalan keluar umum dalam masalah-masalah atau isu-isu yang berhubungan dengan manusia. Humanisme telah menjadi sejenis doktrin beretika yang cakupannya diperluas hingga mencapai seluruh etnisitas manusia, berlawanan dengan sistem-sistem beretika tradisonal yang hanya berlaku bagi kelompok-kelompok etnis tertentu.

Aliran Dualisme


    Aliran ini menganggap bahwa realitas semesta merupakan perpaduan antara zat hidup dan zat mati. Manusia merupakan sintesis antara jasmani dan rohani.


Dikemukakan oleh paham eksistensialisme:

1. Kemampuan menyadari diri. Bahwa manusia menyadari dirinya memiliki ciri yang khas atau karakteristik diri.
2. Kemampuan untuk bereksistensi. Kemampuan menempatkan diri, dapat menembus kesana ke masa depan atau masa lampau.
3. Kata hati (Gewetwn of man). Disebut juga dengan istilah hati nurani, lubuk hati, suara hati, pelita hati, dll.
4. Moral. Jika kata hati diartikan sebagai bentuk pengertian yang menyertai perbuatan, maka moral (etika) adalah perbuatan itu sendiri.
5. Tanggungjawab. Adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja (suyadi 1985).
6. Rasa kebebasan. Adalah rasa bebas tetapi yang sesuai dengan tuntutan kodrat manusia.
7. Kesediaan melaksanakan kewajiban dan menyadari hak.
8. Kemampuan menghayati kebahagiaan.

sumber 

Kamis, 18 November 2010

Tipografi

Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan.

Contoh - contohnya.. :P


Cantik
Seram
Lucu
BERAT
Hi –tech
Klasik
dian

PERKEMBANGAN ARTISTIK (Artistic Development)




PHASE
AGE
MAJOR FEATURE
CHALLENGE FOR EDUCATION IN THE ART
Child as Drect Communicator
0-18-24 month
Fundamental forms of direct communication; acquisition of a trusting relation with other Awareness of a stable object world to communicate about
Transition from direct bodily expression to more “distant” and rigorous symbolic expressions (i.e., from crying to asking, from grabbing to pointing)-with the convidence that tht audience of “other” will watch, listen, and respond
Child as Symbol User
18-24 months-5-7 years
Understanding the fundamentals of symbol use: creating an “reading”
Transition from aspontaneous and idiosyncratic to socioculturally dictated forms of representation (i.e., from subjective portrayals to realism) Still preserving spontaneity originality, individuality
Youth as Craftsman








Youth as Critic and Full Participant in the Artistic Process
5-7-11-13 years








11-13 years on
Socialization of self-expression; emergence of conscience Urge for competence; impluence of peers Emergence of basic categoris of adult thought; decline in egocentrism


The internalization of thougt Reflectivity Capacity to think hypotetically and to confron choices
Transition from strict competence to a recombination of craft with self expression; the acquisition of critical tools as well as articulated personal tastes and standards without paralyzing feelings of inadequacy
Berdasarkan pandangan pada tabel di atas, anak usia sekolah dasar (7-13 tahun) memiliki kompetensi untuk memadukan karya kerajinan (craft) dengan kemampuan ekpresi diri. Selain itu pula kemampuan kritik juga dimiliki sejalan dengan perkembangan intelektualnya. Secara khusus, karakteristik anak pada usia   11- 13 tahun ini adalah memiliki kemampuan berpikir kritis dan ikut terlibat dalam proses artistik.

Secara umum dapat dikatakan bahwa karya seni rupa anak bersifat ekspresif dan dinamis (Camaril, dkk. 1999). Apa yang digambarkan anak mencerminkan pribadinya, mengungkapkan apa yang diketahuinya dan tidak menggambar sesuai dengan kenyataan. Kesukaan akan gerak digambarkan dengan warna tajam mencolok serta objek-objek penuh gerak seperti binatang, orang, kendaraan. Tetapi, jika dikaji ternyata bahwa secara umum terjadi pentahapan dalam perkembangan dunia kesenirupaan anak.

Contoh Resensi buku

Contoh resensi buku yang di buat adek saya [SMP] :)


1.                Identitas buku

Judul               :           Apotek di halaman rumah

Penulis :           :           Gilang fajar

Penerbit           :           PT.Srikandi megan pratama

Cetakan           :           KE-4   november 2005

Tebal               :           108  Halaman


2.                Tujuan pengarang buku:

Memberitahu pembaca tanaman obat apa saja yang bisa di tanam di pekarangan rumah




3.                Pokok pokok / rangkuman isi buku:

pekarangan pak rustam yang berbeda dengan pekarangan tetangga lainnya.karena pekarangan pak rustam terdiri dari tanaman-tanaman obat seperti : kunyit,temulawak,kencur,kumis kucing


4.                Keunggulan buku:

Memberi tahu kita berbagai jenis tanaman obat yang bisa di tanam
Obat yang bisa tanam di pekarangan rumah


Kelemahan buku: Di dalam buku ini tidak di lengkapi oleh bagaimana cara membuat atau meracik tanaman itu menjadi obat

5.                Saran pada pengajian Buku:

Menurut saya harus di lengkapi oleh cara mebuat atau meracik
Tanaman menjadi obat

Mengenal Open GL dan DevC++


OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium, yang Khronos Group.


DevC++
DevC++ adalah sebuah aplikasi lingkungan pengembangan terintegrasi (Integrated Development Environment / IDE) yang dikembangkan oleh organisasi bernama Bloodshed dan ditujukan untuk pengembangan C/C++ di atas sistem operasi Windows serta dapat didapatkan secara gratis. DevC++ menggunakan compiler MinGW untuk mengkompilasi kode.    

Analisa social network #3

 Bebo.com

Menurut Kelompok kami 

Kelemahan
-          Banyak iklannya /banner-banner yang berakibat ketika membuka page webnya akan jadi berat.
-          Bahasa yang digunakan hanya Bahasa Inggris

Kelebihan
-          Skin yang di pakai untuk profil bisa di ubah, www.bebo.com menyediakan layout ratusan, tetapi bisa juga memakai layout buatan sendiri dengan mengikuti tutorial yang disediakan bebo
-          Bisa mengatur tata letak modul sendiri pada page Profile
-          Keamanan dalam bertransaksi
-          Bisa menonaktifkan ID yang kita gunakan bila suatu hari ingin tidak bermain lagi bebo.




Analisa

Pada Halaman “Home” memiliki 2 kolom yang berisi banner di sebelah kanan dan sebelah kiri menu – menu yang bila diakses akan masuk ke halaman lain, juga terdapat status online dan status yang ditulis.


Pada Halaman “Profile” memiliki variasi 3 kolom yang modulenya bisa di costumisasi/ diubah.  Background/layoutnya dari halaman Profile dapat di ubah. Bebo menyediakan ratusan layout tapi kita juga bisa membuat layout yang diinginkan dengan mengikuti tutorial dari bebo.com

Rabu, 17 November 2010

Prototyping

Prototype adalah  salah satu metode pengembangan perangat lunak yang banyak
digunakan. Dengan metode prototyping ini  pengembang dan pelanggan dapat saling
berinteraksi selama proses pembuatan sistem.

Kisi -Kisi
Dimensi dari prototype:
1. Penyajian
- Bagaimana desain dilukiskan atau diwakili?
- Dapat berupa uraian tekstual atau dapat visual dan diagram.

2. Lingkup
Apakah hanya interface atau apakah mencakup komponen komputasi?

3. Executability (Dapat dijalankan)
- Dapatkah prototype tersebut dijalankan?
- Jika dikodekan, akan ada periode saat prototype tidak dapat
dijalankan.

4. Maturation (Pematangan)
   Apakah tahapan-tahapan produk ini mengikuti?
- Revolusioner: mengganti yang lama.
- Evolusioner : terus melakukan perubahan pada perancangan yang sebelumnya.

Analisa social network #2


TWITTER

Twitter adalah salah satu layanan social networking dan saat ini merupakan layanan sangat terkenal terutama di Amerika Serikat dan Eropa.
Twitter ini berfungsi semacam portal yang berisi daftar kegiatan sehari-hari dari para anggotanya.
Jadi kalau kita tergabung di twitter kita akan tahu apa saja yang lagi dilakukan oleh teman-teman di jaringan kita.
Sistem kerjanya adalah pengirim pesan mengetik teks yang panjangnya ‘hanya’ 140 karakter, kemudian diposting dan bisa dilihat oleh jaringannya. Tujuan teks yang kecil ini selain supaya pembaca tidak cape membacanya, tentu saja kita bisa melihat lebih banyak kegiatan dalam satu halaman. Hal ini sama seperti SMS , yang hanya berisi 160 karakter tapi bisa sangat efektif.
Anda tertarik untuk tahu lebih lanjut ? Silahkan lihat artikel cara mendaftarkan diri di Twitter dan penggunaannya.

Tata letaknya terdiri dari 3 kolom, yang pertama kolom status, kolom kedua dan ketiga berisikan konten.

Pewarnaan
Warnannya simple menggunakan birumuda dan putih  dengan warna font hitam, warna link biru, image background bisa diganti tapi hanya bisa berformat jpg/jpeg.

Kelebihan
-          Lebih banyak peminatnya karena user friendly
-          Tampilannya sederhana
-          Realtime / tepat waktu jadi bisa mengetahui informasi/ status tulisan dari orang lain langsung.
Kekurangan

-          Dalam pengaturan image backgroundnya terbatas dan kalau bisa di ganti hanya bisa format jpg/jpeg.
-          Tidak dapat melihat status online / offline
-          Tidak ada layanan aplikasi seperti chating, game, dll


Analisis web #1


1.Metaphor(Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidakdapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasI dan elemen-elemen     visual dengan  item-item
yang berkaitan.
 
2. Clarity (Kejelasan)

Harus ada alasan yang kuat dan masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.


3. Consistency (Ketetapan)
Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. contoh :

Home page Content page 1 Content page 2

4. Alignment (Perataan)
Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Dunia barat dimulai dari kiri atas. Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.



Dengan unsur jajaran vertikal dapat sejajar vertikal – atas, bawah, atau tengah (pusat), misalnya. Baseline alignment akan menyelaraskan teks ke awal, termasuk kolom-kolom yang berdekatan teks. Penggunaan grid dan panduan dapat membantu penempatan dan keselarasan teks dan grafik.
5. Proximity
Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item-item tersebut. Pada web Bhinneka penempatan item wilayah dan nomer telepon dipisah dan disatukan sesuai dengan keterkaitannya.


6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Gunakan geometri untuk membantu pengurutan.

Kamis, 11 November 2010

Mengkonfigurasi MYSQL Server 5

Hai, berlanjut dari postingan sebelumnya disini saya memberi tutorial bagaimana cara mengkonfigurasi mysql server 5.0 khususnya agar berguna dalam membuat database ragnarok



Pilih Next untuk melanjutkan pengaturan


Pilih Standar configuration



Ceklis Instal as Windows Service..
Pada bagian service name pilih mysql 5 lalu klik next


Rabu, 10 November 2010

Tutorial untuk menginstal mysql

Saya akan memberikan tutorial untuk menginstal mysql server 5.0 yang fungsinya bisa membuat suatu database .

Ikuti gambar dibawah pilih typical/complete






Tentukan directory(tempat menyimpan program ini.. asumsikan C/D/..) lalu klik instal

Selasa, 09 November 2010

Contoh Sinonim,Hiponimi,Homonimi dan Polisemi,Antonimi


Sinonim

Dua buah kata yang mempunyai kemiripan makna.
Contoh : Fauna dan hewan memiliki makna yang sama
Misalnya :
Para pengunjung melihat - lihat Fauna yang ada di Kebun Binatang.
Hewan liar itu terlihat sedih karena ditinggal kawanannya.

Hiponimi

Menyatakan hubungan makna hierarkies.

Contoh : Kata pohon meliputi akar, daun, batang, buah
Misalnya:
Kemarin ayah membeli pohon mangga, akar, daun, batang, buahnya sangat bagus karena dirawat dengan baik.

Homonimi dan Polisemi

Bila dua buah makna atau lebih dinyatakan dengan sebuah bentuk yang sama

Contoh Apel
Tejo memakan apel sesudah mengikuti apel pramuka disekolahnya.
Apel yang dimaksud diatas Apel = buah dan Apel = upacara

Contoh Kepala
Kepala sekolah mengumumkan libur dihari senin.
Kepala anak itu keras seperti batu.
Kepala yang dimaksud diatas Kepala = pimpinan dan Kepala = bagian tubuh

Antonimi
Kata yang memiliki arti yang berlawanan.
Contoh Gemuk >< Kurus
Misalnya:
Tejo badannnya gemuk karena sering makan malam, sedangkan Enggi badannya kurus karena kurang makan makanan yang bergizi.

Kalimat Ilmiah Semi Ilmiah

Ciri – Ciri Bahasa Ilmiah
Bahasa Ilmiah harus tepat dan tunggal makna, tidak remang nalar ataupun mendua.

Contoh Kalimat :”penelitian ini mengkaji teknik pentajaman objek yang efektif dan efisien”

Bahasa Ilmiah mendefinisikan secara tepat istilah, dan pengertian yang berkaitan dengan suatu penelitian, agar tidak menimbulkan kerancuan.

Bahasa Ilmiah itu singkat, jelas dan efektif.

Contoh :”tulisan ini  membahas kecendrungan teknologi informasi menjelang abad ke-21”.

Tulisan Ilmiah

Tulisan ilmiah adalah tulisan yang disusun secara sistematis dan logis. Tulisan ilmiah umumnya berisikan masalah-masalah yang objektif yang dipadukan dengan kecermatan penalaran dan bahasa. Dalam karya tulis ilmiah digunakan ragam bahasa formal atau terpelajar bukan bahasa informal atau pergaulan. Ragam bahasa ilmiah umumnya mengikuti gagasan penulis dalam suatu bidang ilmu tertentu. Ragam bahasa ilmiah juga dapat membedakan gagasan atau pokok pikiran yang memang berbeda dan mempunyai struktur yang baku dan cermat, sehingga gagasan dapat dengan mudah dimengerti ataupun diterima oleh pembaca.
 
 Contoh Tulisan Ilmiah :
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan rombongan, Sabtu (6/11/2010) sekitar pukul 12.50 WIB tiba di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, DIY.